Kamis, 06 Oktober 2011

Sistem Informasi Manajemen 1# (Tugas ke-1)

NAMA   : I KADEK ADITYA JAYA K.
NPM      : 39110498
KELAS : 2 DB 15




1. Mengapa Informasi dijadikan Sumber Daya di dalam perusahaan ?

Jawab:
Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar sub-sistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya di dalam Perusahaan.
Sistem Informasi berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah computer-based atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.
Sistem informasi sekarang peranannya tidak hanya sebagai pengumpul data dan mengolahnya menjadi informasi berupa laporan2 keuangan saja, tetapi mempunyai peranan yang lebih penting di dalam menyediakan informasi bagi manajemen untuk fungsi2 perencanaan, alokasi2 sumber daya, pengukuran dan pengendalian. Laporan2 dari sistem informasi memberikan informasi kepada manajemen mengenai permasalahan2 yang terjadi didalam organisasi untuk menjadi bukti yang berguna didalam menentukan tindakan yang diambil.     
Dari penjelasan di atas, menurut saya Informasi adalah hal yang sangat penting dalam perusahaan sehingga di jadikan sumber daya.


2.Jelaskan peranan database dalam membangun sebuah SIM?

Jawab :

Database adalah suatu kumpulan data terhubung (interrelated data) yang disimpan secara bersama-sama pada suatu media, tanpa mengatap satu sama lain atau tidak perlu suatu kerangkapan data (controlled redundancy) dengan cara tertentu sehingga mudah digunakan atau ditampilkan kembali. dapat digunakan oleh satu atau lebih program aplikasi secara optimal, data disimpan tanpa mengalami ketergantungan pada program yang akan menggunakannya, data disimpan sedemikian rupa sehingga penambahan,pengambilan,dan modifikasi dapat dilakukan dengan mudah dan terkontrol.
Database berisi semua data yang digunakan untuk aplikasi software.sekumpulan penyimpanan data sering dihubungkan sebagai suatu file.bentuk fisik dari penyimpanan data ditunjukan oleh media penyimpanan fisik (Pita komputer,disk,diskette,dll) yang berguna untuk secondary storage.

3. Analisis pengambilan informasi manajemen berdasarkan sumber dan bentuknya?

Jawab :

1.     (Strategic Manajemen) High Level
          Manajemen ini  banyak mengambil informasi dari lingkungan. Dan alasannya mengapa manajemen di tingkat ini banyak mengambil sumber sumber informasi dari lingkungan karena di tingkatan ini contohnya adalah seorang direktur perusahaan dan wakilnya yang bertanggung jawab terhadap pengolahan organisasi secara keseluruhan. Membuat rencana jangka panjang, merumuskan strategi, menetapkan kebijaksanaan, dan menetapkan interaksi/hubungan organisasi dengan lingkungan luar. Tingkatan yang bertanggung jawab penuh terhadap jalannya perusahaan. Dan biasanya pada tingkatan ini membuat keputusan yang tidak terprogram, yaitu keputusan yang tidak selalu terjadi. Dan dalam bentuk informasi yang didapatkannya, manajemen tingkat ini mendapatkan bentuk informasi secara ringkas karena membuat keputusan yang tidak terprogram dan tidak selalu terjadi.


2.  (Manajemen Control) Middle Level
          Salah satu contohnya berarti kepala bagian/divisi. Pengendali manajemen dalam suatu organisasi. Bertanggung jawab atas ruang lingkupnya, wilayah, divisi, dll. Merumuskan rencana jangka menengah, melakukan pengandalian, membuat prosedur, dan membuat keputusan berdasarkan lingkup tanggung jawabnya. Sebagai pengendali dalam arti mengawasi dan meyakini bahwa organisasi menjalankan strategic yang sudah ditetapkan secara baik, efektif dan seefisien mungkin.


3. (Operational) Low Level
          Sebagai Supervisor atau mandor. Yaitu pengendali dalam jalannya operasional. Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan sasaran operasional. Membuat keputusan jangka pendek dan mengendalikan transaksi sehari hari. Biasanya keputusan yang diambil yaitu keputusan yang terprogram, keputusan yang sering terjadi dan rutin. Dan itu sebabnya manajemen dalam tingkat ini banyak mengambil informasi hanya dalam ruang lingkup didalam perusahaan. Dan dalam bentuk informasi yang didapatkannya, manajemen dalam tingkat ini mendapatkan informasi dalam bentuk rinci, karena manajemen tingkat ini menjalankan semua informasi informasi yang didapatkan dari manajemen tingkat atas serta menjalankan semua informasi tersebut dalam perusahaan.

Sumber :

















1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus